Pages

Minggu, 19 April 2020

Lee Min Ho terlihat sangat kharimatik di drama The King

           

Fakta Wajib Militer, adakah Wajib Militer di Indonesia?

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah wamil atau Wajib Militer. Wajib militer atau wamil adalah kewajiban bagi seorang warga negara terutama pria usia 18 hingga 28 tahun, untuk mengikuti pendidikan militer.

Wajib militer juga sudah banyak diberlakukan di negara Asia Tenggara, misalnya Singapura, Filipina, Thailand, dan Malaysia juga sudah mewajibkan pemudanya untuk wamil.
Meskipun wamil biasanya hanya diikuti oleh pria, namun Korea Utara, Suriname, dan Israel juga mengharuskan wanita mengikuti wamil.

Keuntungan Suatu Negara Menerapkan Sistem Wajib Militer

Bisa dibilang jika wajib militer memang memiliki banyak manfaat, termasuk mengenai kedisiplinan, ketangguhan, dan kemandirian seorang warga negara. Bisa dibayangkan jika semua rakyat memiliki kemampuan militer dan para pemuda dapat menerapkan kedisiplinan setelah selesai wajib militer, tentu pertahanan suatu negara akan semakin kuat.
Lalu mengapa Korea mengadakan Wajib Militer jawabannya bisa anda dapatkan.

Warga Negara yang mengikuti Wajib Militer

Dalam melaksanakan wajib militer bisa dipastikan tidak akan bisa menghindar dari kewajiban mereka sebagai warga negara untuk mengikuti wajib militer terkecuali karena alasan kesehatan. Bukan hanya rakyat biasa seperti halnya di Korea, para selebritipun harus meninggalkan dunia entertainment karena wajib militer.

Pemerintah Korea Selatan terkadang memberikan pengecualian, misalnya kepada atlet jika mereka telah dapat medali emas di Asian Games, atau medali apa pun di Olimpiade. Juga, musisi klasik yang telah menerima penghargaan di kompetisi internasional yang diakui dapat melewati dinas militer mereka.

Seperti pesepakbola Son Heung-min, pria yang merumput bersama tim Liga Premier Inggris Tottenham Hotspur itu diberikan kelonggaran setelah ia membantu tim nasional Korea Selatan memenangkan emas di Asian Games.

Berapa Lama Kegiatan Wajib Militer?

Lamanya Wajib Militer bergantung pada penempatan suatu divisi. Sedangkan, beberapa divisi yang bisa dimasuki untuk pelatihan wajib militer sendiri adalah Angkatan Darat (21 bulan), Angkatan Udara (24 bulan) , dan Angkatan Laut (23 bulan).

Selain itu, peserta wajib militer juga bisa memilih bertugas sebagai polisi (21 bulan) atau sebagai pemadam kebakaran (23 bulan).

Aktor yang Telah Menyelesaikan Wajib Militer

Banyak selebritis Korea Selatan yang telah mengikuti wajib militer, seperti salah satunya aktor tampan dan berbakat Lee Min Ho yang telah selesai melakukan wajib militer pada April 2019.

Bahkan, aktor Lee Min Ho kembali memerankan sebagai pemeran utama Drama Korea The King : Eternal Monarch of Eternity yang bergenre Romance, Fantasy, dan Historyal. Tentu membuat penggemar antusias atas kembalinya ke dunia entertainment.

Lalu adakah Wajib Militer di Indonesia?

Prabowo menegaskan bahwa tidak ada istilah wajib militer bagi setiap warga negara Indonesia yang ingin berpartisipasi dalam mengawal pertahanan negara, tetapi sistemnya komponen cadangan. Bagi yang ingin berpartisipasi harus berwarga negara Indonesia dengan usia 18 hingga maksimal 35 tahun.

Bagaimana apakah kalian ada yang minat berpartisipasi dalam sistem komponen cadangan?

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Apa ya gan penyebab org korea diwajibkan wamil? Apa negara mereka terancam? Kyknya engga

AlFunZone.Blogspot.com mengatakan...

Karena perselisihan antara korea utara dan korea selatan, korea mengadakan wamil untuk memperkuat negaranya masing-masing jika ada ancaman berkelanjutan dari Korea Utara terhadap Korea Selatan ataupun dari negara lain.

Psikologi Pesona mengatakan...

Wajib militer membuat suatu negara memiliki persiapan menghadapi ancaman dari luar

Namun hemat saya pribadi wajib militer juga menciptakan rasa nasionalis yg tinggi serta mental yang kuat bagi warganya.

Salam kenal

AlFunZone.Blogspot.com mengatakan...

Hehe iya betul kata psikologi pesona

Postingan Populer

Sinopsis Mourning Grave : Hantu Masker Penuh Dendam

                             Saat ini dunia sedang digoncangkan dengan wabah pandemi coronavirus atau COVID-19. Cor...